Rahasia Di Balik Manfaat Kulit Rambutan

Rahasia Di Balik Manfaat Kulit Rambutan

loading...
loading...

Manfaat Kulit Rambutan – Buah rambutan mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan. Rambutan adalah buah musiman yang hidup di daerah tropis dan mempunyai beberapa jenis. Namun selain buah, kulit rambutan juga mempunyai manfaat yang dapat menyehatkan tubuh. Khusus manfaat kulit rambutan dapat di gunakan sebagai obat beberapa penyakit seperti disentri dan demam.

Manfaat kulit rambutan berasal kandungan didalamnya, kulit rambutan mengandung Tanin yang termasuk dalam senyawa Polifenol yang berasal dari tumbuhan yang di gunakan sebagai anti bakteri terhadap penyakit diare. Selain itu kulit rambutan juga mengandung Saponin yang berasal dari Senyawa Metabolit sekunder yang bermanfaat untuk mengikat kolestrol dalam darah.

Didalam kulit rambutan juga mengandung zat pewarna alami pada makanan,  kandungan pigmen alami berupa anthosianin yang dapat di ekstraksi dan bermanfaat untuk pewarna alami. Menurut penelitian Ekstrak kulit buah rambutan menghasilkan kandungan anthosianin dengan total 23.701 mg/100g, Asam askrobat 101.517 mg/100g dan PH 2,277. Namun ekstrak kulit buah rambutan belum bisa langsung dipergunakan, karena perlu di uji efektifitas dan keamannya.

Manfaat Kulit Rambutan bagi kesehatan

Manfaat Kulit Rambutan Untuk Kesehatan


Obat disentri
Kulit rambutan dapat digunakan sebagai obat disentri, caranya dengan menggunakan 10 kulit rambutan yang telah di bersihkan dan dikeringkan, lalupotong kulit rambutan yang sudah kering menjadi beberapa bagian, rebus kulit rambutan dengan 3 gelas air bersih. Didihkan dan biarkan air ramuan surut hingga tersisa setengahnya saja, saring dan minum ramuan tersebut 2 kali sehari, dengan takaran ¾ gelas perminum. [ Baca juga : Manfaat Kulit Nanas ]

Obat Untuk Demam
Gunakan 15 gran kulit rambutan yang sudah di bersihkan dan dikeringkan. Rebus kulit rambutan  dengan 3 gelas air sampai mendidih. setelah mendidih saring, dinginkan dan minum ramuan tersebut 3kali sehari dengan takaran ¼ gelas. Minum sampai demam sembuh.

Selain manfaat kulit rambutan, biji, daun dan batang buah rambutan juga sangat bermanfaat untuk tubuh. Selain buah rambutan yang bermanfaat, limbah buah rambutan seperti biji daun, kulit dan  batang buah rambutan mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh.

Biji buah rambutan mengandung lemak dan polifenol, daun rambutan mengandung tanin, dan kulit batang mengandung tanin, saponin, flavonida, pectic substance dan zat besi. Yang dapat menyembuhkan beberapa penyakit bahkan menyehatkan rambut.

Manfaat Kulit Rambutan untuk diabetes


Obat Kencing Manis
Obat kencing manis menggunakan bahan baku biji rambutan, gunakan 5 biji rambutan di goreng sangria, lalu digiling sampai menjadi serbuk, kemudian diseduh dengan secankir air panas. Setelah suhu menurun menjadi dingin minum sebanyak 1 – 2 kali sehari. [ Baca juga : Manfaat Ekstrak Manggis ]

Sariawan
Untuk Obat sariawan gunakan kulit kayu rambutan 3 ruas jari yang sudah dibersihkan . lalu rebus dengan 2 gelas air bersih sampai tersisa satu gelas, kemudian pakai untuk kumur selagi masih hangat.
Selain digunakan untuk beberapa penyakit, Limbah rambutan juga dapat digunakan untuk perawatan rambut.

Perawatan Rambut
Ambil segenggam daun rambutan yang masih segar lalu bersihkan, tumbuk sampai halus dan tambahkan sedikit air, aduk hingga merata dan teksturnya seperti bubur. Setelah itu peras dan saring daun rambutan yang telah di haluskan dengan kain. Gunakan air sari daun rambutan untuk membasahi kulit kepala secara rutin minimal seminggu 2 kali. Dan rambut akan menjadi lebih kuat dan tidak mudah rontok.

Buah rambutan sendiri juga memiliki kandungan yang kaya akan Vitamin C, namun limbah rambutan juga berkhasiat untuk menyembuhkan beberapa penyakit. Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top