Aerobik Olahraga Ringan Menyehatkan Tubuh

Aerobik Olahraga Ringan Menyehatkan Tubuh

loading...
loading...
Manfaat Aerobik – Aerobik adalah senam yang menggunakan gerakan yang di sengaja dan mengikuti irama musik. Aerobik juga berarti pemasukan, pengangkutan dan permanfaatan oksigan seoptimal mungkin. Sehingga manfaat aerobik sendiri selain untuk mengurangi lemak dalam tubuh juga dapat menyehatkan jantung karena secara tidak langsung aerobik dapat melatih pengolahan pernafasan sehingga tubuh tidak kekurangan oksigen dan sirkulasi darah ke jantung menjadi lancar.

Aerobik terdiri dari dua jenis yaitu Low Impact Aerobic dan High. Low impact Aerobik adalah aerobik yang dilakukan dengan intensitas sedang berupa jalan kaki dan latihan aerobik di dalam air. Sedangkan High Impact Aerobic adalah jenis aerobik yang dilakukan dengan tempo lebih cepat dan intensif secara menluruh. Seperti jogging, berlari, aerobik, bersepeda dan masih banyak lainnya.

Manfaat Aerobik jika di lakukan secara rutin akan meningkatkan suplai oksigen dan memperkuat otot sehingga daya tahan tubuh pun meningkat.

Aerobik Olahraga Ringan Menyehatkan Tubuh

Manfaat Aerobik Untuk Tubuh


Menguatkan otot dan tulang
Dengan aerobik tubuh akan terus bergerak dan mengeluarkan keringat, saat bergerak tubuh secara langsung akan melatih otot dan tulang sehingga akan lebih kuat. [ Baca juga  :  Mafaat Jalan Kaki ]

Menguatkan Jantung
Dengan pasokan oksigen yang cukup untuk jantung akan membuat jantung menjadi lebih sehat. jantung yang sehat akan menghindarkan berbagai jenis penyakit kardiovaskuler seperti stroke dan serangan jantung. Serta juga mempercepat pembakaran lemak di dalam tubuh.

Menstabilkan Gula Darah
Dengan melakukan senam earobik jumblah kolesterol baik akan meningkat, sehingga dapat membantu menurunkan tekanan darah tinggi dan mengontrol kadar gula dalam darah.

Meningkatkan energi dalam Tubuh
Dengan melakukan aerobik selama 20 menit dapat meningkatkan energi sebesar 20%. Dengan meningkatnya suplay oksigen ke tubuh maka energi didalam tubuh pun akan ikut meningkat.

Mengurangi Penurunan Kognitif
Penurunan kognitif adalah  penurunan dalam proses mental  seperti memori kerja dan pencernaan. Dengan senam aerobik akan mengurangi penurunan kognitif tersebut.

Membentuk Tubuh Dan Baik Untuk Diet
Senam aerobik akan membentuk tubuh lebih sempurna dan untuk manfaat aerobik untuk diet dapat membantu membakar lemak lebih cepat sehingga dapat menurukan masalah berat badan.

Untuk lebih hemat lakukan aerobik atau senam dirumah dengan menganjak keluarga melakukan gerakan tangan dan kaki secara beraturan. Untuk menunjang manfaat aerobik anda bisa menambahkan makanan dan minuman yang cocok untuk sebelum dan sesudah melakukan olahraga aerobik.

manfaat aerobik untuk kesehatan


Makanan Sebelum Melakukan Aerobik

Karbohidrat
Sebelum anda melakukan aktifitas aerobik, makanan yang kaya karbohidrat seperti gandum, roti, nasi atau susu harus anda makan terlebih dahulu karena berolahraga juga membuhkan energi. Dan untuk energi kita bisa mendapatkannya dari karbohidrat. [ Baca juga : Manfaat Lari Pagi ]

Jam Makan
30 menit sampai 60 menit sebelum olahraga, makanlah makanan yang mudah di cerna dan mengandung karbohidrat. Sehingga saat berolahraga tubuh anda tidak kekurangan gula dalam darah yang menyebabkan pusing dan mual.

Konsumsi air putih
Air adalah nutrisi penting didalam tubuh yang akan mempengaruhi stamina, ketahanan akan cedera dan memelihara suhu tubuh agar tetap normal. Sebelum berolahraga minimal minum 20 ons air putih untuk membantu tubuh membakar lemak saat berolahraga dan menghindari dehidrasi.
Setelah melakukan aerobik juga harus minum banyak air putih, untuk meningkatkan stamina anda saat anda melakukan aktifitas lainnya. Mengonsumsi buah segar akan menambah manfaat aerobik untuk tubuh anda. Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com semoga bermanfaat.

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top