Cincau Hitam Kaya Manfaat Untuk Tubuh

Cincau Hitam Kaya Manfaat Untuk Tubuh


Manfaat Cincau Hitam – cincau hitam atau Mesona palustris tidak hanya sekedar minuman penyegar biasa, namun memiliki banyak kandungan alami untuk mengatasi masalah kesehatan tubuh. cincau hitam dapat membantu mengobati beberapa penyakit, manfaat cincau hitam ini juga untuk melangsingkan tubuh, mengatasi panas dalam, dan mencegah penyakit berbahaya seperti kanker.
Ekstrak air daun cincau hitam bersifat imunomudolator, yaitu dapat meningkatkan sistem daya tahan tubuh dan menjaga agar tubuh tetap sehat. manfaat daun cincau untuk kesehatan tidak terlepas dari gizi dan kandungan lain di dalamnya, nutrisi yang terkandung dalam 100 g cincau hitam yaitu Energi 122 kkal, Protein 6 g, Lemak 1 g, Karbohidrat26 g, Kalsium 100 mg, Fosfor 100 mg, Zat besi 3.3 mg, Vitamin A 10.750 SI, Vitamin B1  80 mg, Vitamin C 17 mg dan serat 6.3 g.
Dengan pengolahan yang benar, manfaat daun cincau dapat digunakan sebagai obat beberapa penyakit. Berikut contohnya.

manfaat cincau hitam untuk kesehatan

Manfaat  Cincau  hitam Untuk Obat


Menurukan demam
Penggunaan bahan dasar pembuatan cincau hitam, yaitu daun cincau dapat di manfaatkan untuk obat sakit perut dan Hipertensi . Cara membuatnya dengan ambil daun cincau secukupnya, remas menggunakan air matang. Setelah itu saring. Biarkan beberapa saat hingga bentuknya menyerupai agar – agar. Tambahkan santan kelapa matang dan gula jawa atau madu untuk rasa. Makanlah seperti biasa tanpa menggunakan es batu. [ Baca juga : Manfaat Kulit Kentang ]
Mengatasi Demam
Cara membuatnya dengan menggunakan akar cincau yang di seduh dengan air panas secukupnya dalam satu gelas.  Minum ramuan ini 2 kali sehari pagi dan sore.
Obat Pendarahan
Sediakan 15 lembar dau cincau hitam, peras dengan air matang 1 ¾ gelas, peras daun sampai perasan mengental. Jangan tunggu ramuan ini menjadi agar – agar, langsung minum airnya  2 kali sehari, sebelum makan siang dan sebelum tidur.
Selain itu, manfaat cincau hitam jika dikonsumsi dalam bentuk apapun juga akan mengobati dan mencegah beberapa penyakit seperti :
  1. Dapat mengobati batuk dan sakit kepaladengan menggunakan rebusan kulit tumbuhan cincau.
  2. Sebagai obat rematik.
  3. Sebagai obat maag
  4. Menurunkan tekanan darah tinggi berkat kandungan alkaloid bisbenzilsokuinolin dan S.S-tetandrin yang khasiatnya juga mencegah kanker pada ginjal dan antiradang
  5. Mencegah tumor ganas.
  6. Mengobati vertigo
manfaat cincau hitam untuk ibu hamil


Manfaat daun cincau baik untuk di konsumsi oleh semua kalangan, Cincau hitam kaya mineral terutama kalsium dan fosfor. Ekstrak cincau mengandung senyawa fenol 17.3%, steroid 0.23%, flavonoid 1.34% dan asam kafeat 50.14 ppm. Dalam penelitian juga di jelaskan, ekstrak air  cincau hitam mempunyai sifat yang dapat mencegah pertumbuhan kanker dengan memperkuat sistem kekebalan tubuh dari dalam. [ Baca juga : Manfaat Ikan Lele Untuk Ibu Hamil ]
Cincau hitam baik digunakan untuk orang yang sedang menjalani diet, karena cincau rendah kalori namun tinggi serat. Serat cincau juga bermanfaat untuk membersihkan organ pencernaan dari zat karsinogen penyebab kanker. Daun cincau juga mengandung senyawa di metil kurin-1 dimetoidida yang dapat mengendurkan otot.

Cara membuat cincau hitam
Cincau hitam kering direbus air dengan perbandingan 1 : 20, itu berarti tiap satu kilogram cincau hitam  kering harus direbus dengan 20 ml air.
Cara membuatnya : bersihkan 1 kilogram cincau kering, lalu rebus dengan 20 liter air yang di campur zat NaOh, aduk hingga mendidih biarkang air berkurang setengahnnya. Ambil larutan zat pati cincau hitam menggunakan penyaring dan rebus sampai mendidih dan mengental (jangan biarkan menggumpal), setelah itu masukan kewadah, tunggu sampai dingin 7-10 jam dan setelah dingin siap dinikmati.

Terima kasih atas kunjungannya di perawatkulit.blogspot.com semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top