Manfaat Buah Wortel Untuk Kesehatan

Manfaat Buah Wortel – Wortel atau Daucus Carota merupakan buah sayur yang memiliki banyak kandungan nutrisi bagi kesehatan tubuh. wortel dapat di olah dalam berbagai bentuk jus, camilan sehat dan dimasak bersama jenis sayuran lainnya. Manfaat buah wortel bgi kesehatan juga dapat di gunakan sebagai obat untuk beberapa penyakit seperti hipertensi, demam pada anak, sembelit dan batuk.

Manfaat buah wortel tidak hanya untuk pengobatan. Manfaat buah wortel dapat digunakan untuk beragam perawatan kencantikan dan pencegahan penyakit dari dalam. Wortel mengandung beta- caroten yang berubah menjadi vitamin A di dalam tubuh manusia. Kandungan nutrisi dalam 100 g wortel terdiri dari Energi 173 kj, Karbohidrat 9 g, Gula 5 g, Serat 3 g, Lemak 0.2 g, Protein 1 g, vitamin A 93%, Thamine 3%, Riboflavin 3%, Niacin 8 %, vitamin B6 8%, vitamin C 12%, dan mineral seperti folat, kalsium, besi, magnesium, fosfor, kalium dan sodium.

Kandungan wortel yang berlimpah inilah yang memperkaya manfaat buah wortel untuk kesehatan maupun untuk kecantikan kulit. Berikut manfaat wortel secara singkat.

Manfaat Buah Wortel untuk tubuh


Manfaat buah Wortel Untuk Pengobatan


Hipertensi
Bersihkan 500g wortel dan potong, beri sedikit air lalu blender. saring dan segera minum secara rutin 3 kali sehari. { Baca : Blueberry Untuk Penyakit Dalam }

Mengatasi Demam Anak
Bersihkan 200 g wortel, parut dan peras hingga keluar sarinya. Rebus sampai mendidih, minumkan pada anak dalam keadaan hangat.

Batuk
Bersihkan 1 buah wortel ukuran sedang dan parut. Ambil beberapa sendok air panas lalu di peras. Tambahkan gula aren atau madu, aduk sampai rata dan minum secara teratur 2 kali sehari.

Sembelit
Manfaat buah wortel juga dapat mengatasi masalah sembelit. Caranya bersihkan 2 wortel yang masih muda dan di parut tambahkan 2 sendok air matang dan sedikit garam. Minum airnya 2 kali sehari.

Manfaat Buah Wortel Untuk Mencegah Penyakit


Beberapa penyakit dapat di cegah dengan mengonsumsi wortel segar mentah (belum diolah). Berkat adanya serat dalam wortel dapat mengatasi masalah pencernaan, vitamin A nutrisi penting untuk mata dan Menjaga Kesehatan Kulit, Wortel mengandung Antioksidan yang dapat menurunkan resiko kanker, wortel baik untuk jantung, magnesium dalam buah sayur ini dapat menstabilkan kolesterol didalam tubuh serta manfaat buah wortel untuk kulit.

Manfaat Buah Wortel Untuk Wajah
• Mengeluarkan racun yang bersembunyi pada pori – pori kulit.
• Menjaga kelembapan kulit.
• Melindungi kulit dari jerawat
• Mencerahkan wajah dan mengencangkan.

Manfaat buah wortel untuk kecantikan ( Masker )


Manfaat Buah Wortel Untuk masker Kulit Berminyak
Bersihkan 1 buah wortel yang masih segar rebus hingga lunak dan haluskan. Campurkan 4 sendok madu pada adonan. Campurkan beberapa tetes minyak zaitun dan ½ perasan jeruk nipis atau lemon. Gunakan sebagai masker selama 15 menit lalu bilas dengan air dingin.

Manfaat Buah Wortel Untuk Kulit Kering
Rebus hingga lunak dan Haluskan 1 buah wortel yang sudah di bersihkan. Campurkan adonan dengan yogurt tanpa rasa hingga mengental. Aduk dan oleskan pada wajah sebagai masker. Tunggu 15 menit lalu bilas menggunakan air dingin. Salam.

Subscribe to receive free email updates: