Penyebab Perut Sakit Saat Berlari

Penyebab Perut Sakit Saat Berlari

Kenapa Saat Berlari Perut Terasa Sakit? – Suka sakit perut saat berlari? Kondisi ini bisa disebabkan beberapa faktor yang akan dinahas berikut ini. Olahraga lari memang sehat dan ekonomis. Berlari bukan berarti bebas dari resiko. Resiko olehraga lari adalah sakit perut/ kram perut, terkilir, dehidrasi serta dalam beberapa kasus lemas sampai pingsan. Karenanya sangat tepat jika melakukan persiapan terlebih dahulu sebelum melakukan olahraga lari.

Kenapa saat berlari perut terasa sakit? Nah, hal ini mungkin saja disebabkan karena kurangnya persiapan sebelum melakukan aktivitas lari. Karenanya trainer ataupun pelatih selalu menganjurkan melakukan pemanasan untuk meregangkan otot otot tubuh. Cara ini bisa menghindarkan dari resiko terkilir serta salah urat. Otot otot perut juga bisa tertolong.

penyebab perut sakit sebelah kanan

Kenapa Saat Berlari Terasa Sakit?


Berikut ini adalah alasan kenapa saat lari perut terasa sakit:

Pernafasan
Lari adalah olahraga pernafasan dan jantung. Karenanya sangat penting mengatur pernafasan sebaik mungkin saat beralri. Pernafasan yang tidak teratur berakibat pada cepat lelah dan sakit perut. Biasanya orang yang mengalami kelelahan semacam ini berhenti sejenak guna mengatur pernafasan sebelum melanjutkan lari lagi. Cara terbaik menghindari lelah dan sakit perut saat berlari adalah melatih menarik dan membuang nafas. { Baca Juga: Tips Mudah Cara Mengatasi Balita Susah Makan }

Meski sedikit sulit, mengatur pernafasan saat lari bisa membantu menambah jarak tempuh, melatih pernafasan menjadi semakin panjang, serta menyehatkan jantung, mengurangi berat badan.

Makan dan Minum
Sebab lain kenapa saat berlari sakit perut adalah terlalu dekat dengan saat makan dan minum. Lambung masih bekerja mencerna makanan saat lari sehingga otot otot perut belum siap. Hal inilah yang menyebabkan rasa sakit pada daerah perut/ kram perut. Cara mengatasi sakit perut saat lari karena makan/ minum adalah menghindari berlari setelah makan/ minum banyak.


cara mengobati sakit perut


Sebaiknya beri waktu bagi lambung sampai selesai mencerna makanan serta minuman yang masuk. beri jeda waktu sekitar 30 sampai 1 jam setelah makan/ minum. Dengan demikian aktivitas lari lebih terasa manfaatnya. { Baca Juga: Cara Menghilangkan Kantung Mata Secara Alami Dengan Cepat }

Pemanasan
Pemanasan adalah kunci dari semua olahraga. Pemanasan memberikan waktu bagi otot otot tubuh (kaki, tangan, perut, serta lainnya) untuk bangun. Kurang pemanasan juga bisa menyebabkan sakit perut saat lari. Kenapa? Karena otot otot perut belum siap. Kekurangan oksigen pada saat berlari makin memperparah keadaan ini. Jadi sebaiknya lakukan pemanasan kurang lebih 15 menit sebelum berlari.

Dehidrasi
Dehidrasi adalah sebab lain kenapa saat berlari sakit perut. Kekurangan cairan dalam jaringan dan sel sel tubuh membuat otot otot bekerja lebih keras. Lari juga mengakibatkan dehidrasi karena mengeluarkan banyak keringat. Jadi sebaiknya perbanyak minum air putih sebelum berlari. Ingat berikan waktu jeda 30 menit sebelum berlari guna menghindari sakit perut karena minuman.
Terima kasih

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top