Yuk Cari Tahu Resiko Dari Operasi Sesar!

Yuk Cari Tahu Resiko Dari Operasi Sesar!

loading...
Resiko Dari Operasi Sesar – Operasi sesar seringkali dianjrkan bagi ibu hamil dalam kondisi tertentu. Seperti lingkar rongga panggul ibu terlalu kecil, ada gangguan di jalan lahir, juga bisa disebabkan karena kondisi kesehatan ibu saat melahirkan (hipertensi, stress, jantung). Penyebab lain mengapa harus dilakukan operasi sesar adalah datang dari kondisi bayi sendiri, seperti bayi stress, jalan lahir tertutup plasenta, sunsang, ketuban pecah terlalu dini, dan masih banyak lagi.

Dokter akan menyarankan prosedur kelahiran sesar dari kondisi terakhir ibu serta bayi di dalam kandungan. Karenanya menjelang kelahiran ibu hamil disarankan melakukan check up kandungan seminggu sekali guna mengantisipasi kondisi darurat. Operasi sesar juga mempunyai resiko. Operasi sesar merupakan tindakan operasi besar sehingga tidak mungkin jika operasi ini bebas resiko. Resiko dari operasi sesar bukan hanya dirasakan ibu saja namun juga bayi.

resiko dari operasi sesar bagi ibu dan bayi

Resiko Dari Operasi Sesar


Resiko Bagi Ibu

Infeksi
Infeksi adalah resiko dari operasi sesar yang pertama. Infeksi pada luka jahitan operasi sesar bisa terjadi pada rahim serta organ lainnya seperti uterus dan kandung kemih.

Homorrhage
Yaitu kehilangan banyak darah. Kondisi ini sangat berbahaya karena bisa mengakibatkan kematian pada ibu. Operasi sesar membuat ibu kehilangan banyak darah dibanding dengan persalinan normal. banyak operasi sesar yang berujung pada anemia serta pemberian transfusi. { Baca Juga: Manfaat Buah Wortel Untuk Kesehatan }

Adhesi
Yaitu rasa sakit pasca operasi sesar pada jaringan perut. Meski kondisi ini bisa diatasi menggunakan painkiller tetapi ibu biasanya tidak nyaman pasca operasi. Adhesi bisa mengakibatkan masalah pada kehamilan berikutnya, seperti placenta previa.

Mempengaruhi Emosi
Banyak dari ibu bayi merasakan stress pasca operasi sesar. Hal ini diakibatkan oleh rasa sakit yang lama serta masa recovery lebih panjang dibanding dengan persalinan normal. banyak ibu bayi menceritakan bahwa operasi sesar merupakan pengalaman buruk dalam hidupnya.

resiko dari operasis sesar bagi kesehatan bayi

Resiko Bagi Bayi

Prematur
Salah satu resiko dari operasi sesar adalah bayi lahir prematur. Hal ini berakitan langsung pada kondisi kesehatan bayi sehingga bayi harus dilahirkan sebelum waktunya. Bayi lebih beresiko karena berat badan bayi kurang. { Baca Juga: Manfaat Sarapan Buah Pagi Hari }

Masalah Pernafasan
Salah satu resiko dari operasi sesar pada bayi prematur adalah masalah pernafasan pada bayi. Gangguan pernafasan ini bisa menjadi penyebab kematian bayi. Karenanya bayi prematur dimasukkan terlebih dahulu ke dalam inkubator. Bayi preamtur memerlukan intensif care sampai fungsi organ bayi bisa berfungsi secara normal dengan sendirinya. Atau sampai berat badan bayi cukup.

Luka Sayatan
Luka sayatan pada bayi bisa terjadi pada prosedur operasi sesar. Meski kemungkinan kecil namun hal ini bisa terjadi. Bayi bisa mengalami stress akibat sayatan ini dan berakibat buruk.

Nilai APGAR Rendah
Nilai APGAR pada bayi lahir sesar tergolong rendah. Hal ini diakibatkan oleh anestesi saat operasi, stress akibat luka, atau bisa juga karena kurangnya stimulasi selama kelahiran.
Terima Kasih

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top