10 Tips Diet Yang Baik dan Paling Efektif

10 Tips Diet Yang Baik dan Paling Efektif

Tips Diet Yang Baik - Diet yang sehat dilakukan bukan dengan membatasi makan secara ketat untuk tetap langsing, atau menahan diri sepenuhnya untuk makan makanan yang anda sukai. Diet yang sehat adalah tentang merasa bersemangat, lebih berenergi, dan membuat suasana hati stabil. Kalo anda merasa kebingungan dengan banyaknya saran nutrisi dan diet yang anda temui di luar sana, jangan khawatir, anda tidak sendirian. Kemungkinan anda juga akan menemukan bahwa setiap ahli bisa berbeda-beda dalam menentukan makanan mana yang sehat untuk anda konsumsi. Tetapi, dengan menggunakan tip-tip sederhana ini anda bisa mengurangi kebingungan yang anda alami dan belajar untuk mencipatakan diet yang sehat, bervariasi dan enak. Baca  : Hindari Kesalahan Fatal Saat Berdiet

10 Tips Diet Yang Baik dan Paling Efektif

1. Bangun Mindset Realistik Untuk Sukses Menjaga Diet Anda
Anda perlu realistik dalam menentukan rencana diet anda. Untuk sukses menjaga diet anda, rencanakanlah diet yang sehat dalam porsi yang kecil dan bertahap, daripada membuat perubahan drastis dalam pola makan anda. Jika anda menggunakan pendekatan diet secara bertahap dan komitmen, anda akan berhasil mempertahankan pola diet yang sehat lebih cepat dari yang anda pikirkan. Baca  : Faktor Penyebab Obesitas dan Cara Menurunkannya Dengan Benar

2. Jumlah Asupan Gizi Dan Kalori Yang Cukup Adalah Kunci
Orang sering berpikir bahwa makan yang sehat adalah membuang jauh-jauh semua makanan  yang mengandung banyak kalori dan hanya mengkonsumsi makanan yang rendah kalori dan mengandung serat saja. Tubuh kita memerlukan diet yang seimbang. Diet yang sehat adalah mencukupi asupan kalori dan gizi untuk tubuh anda. Anda akan merasa puas di akhir saat anda makan dan bukan kekenyangan. Apapun diet makanan tertentu yang anda percayai, ingatlah bahwa tubuh kita perlu diet seimbang yang mencakup karbohidrat, protein, lemak, serat dan vitamin-vitamin dan mineral-mineral untuk tetap sehat.

3. Bagaimana Anda Makan Juga Penting Untuk Diperhatikan
Apa yang anda pikirkan tentang makan dan makan sangatlah penting. Kebiasaan makan yang sehat bisa dipelajari. Makanlah dengan perlahan dan nikmati saat anda makan. Kunyahlah secara perlahan, resapilah momen-momen saat anda mengunyah. Terkadang kita cenderung terburu2 saat makan sehingga tidak benar2 merasakan rasa dan tekstur makan. Menikmati momen-momen saat anda makan sangat penting untuk menjaga diet anda. 

Dengar dan rasakan tubuh anda saat akan makan. Menanyakan pada diri sendiri apakah anda sedang lapar sangat penting. Cobalah minum air untuk mengetahui apakah anda sedang lapar atau haus. Saat anda makan, berhentilah sebelum anda merasa kenyang. Butuh waktu beberapa menit bagi otak anda untuk mengatakan bahwa anda sudah kenyang, jadi makanlah secara perlahan. Sarapan dan membagi makan anda dalam 6 porsi kecil saat anda menjalani hari anda akan membuat anda berenergi dan menjaga metabolisme tubuh. Hindari makan saat anda tidak aktif, jadi cobalah makan malam lebih awal dan berpuasa selama 14-16 jam sampai sarapan esok harinya.

4. Konsumsi Buah dan Sayuran
Buah-buahan dan sayuran adalah pondasi dari diet yang sehat. Mereka kaya akan nutrisi dan rendah kalori. Dengan mengkonsumsi buah dan sayur, tubuh kita akan mendapatkan berbagai macam vitamin, mineral, serat dan antioksidan. Variasikan jenis sayuran dan buah yang anda makan. Sayur dan buah yang memiliki warna berbeda-beda akan memberikan manfaat yang berbagai macam bagi tubuh kita, karena mereka mengandung nutrisi yang berbeda-beda.

5. Hindari Lemak Yang Tak Sehat Dan Nikmatilah Lemak Yang Sehat
Sumber lemak yang sehat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan otak, jantung dan sel-sel tubuh. Rambut, kulit dan kuku anda juga membutuhkan lemak sehat.  Makanan yang kaya lemak omega-3 seperti EPA dan DHA sangat penting dalam mengurangi penyakit jantung, mencegah dementia (kepikunan) dan memperbaiki suasana hati kita.

Kurangi dan hindari lemak yang tak sehat seperti lemak jenuh yang dapat ditemukan pada daging merah dan produk olahan dari susu. Lemak trans yang ditemukan pada margarin, permen, biskuit, makanan yang digoreng dan makanan-makanan yang diproses dengan menggunakan minyak sayur yang dihidrogenasi. 

Sebaliknya, konsumsilah lemak tak jenuh yang berasal dari tumbuh-tumbuhan seperti minyak zaitun, kacang-kacangan, alpukat dan biji-bijian. Lemak tak jenuh yang didalamnya termasuk asam lemak omega-3 dan omega-6 yang ditemukan dalam ikan yang berlemak seperti salmon, makarel, sarden, dan suplemen yang mengandung minyak ikan, juga sangat sehat untuk dikonsumsi.

6. Konsumsilah Karbohidrat Yang Sehat 
Pilihlah sumber karbohidrat dan serat yang sehat. Karbohidrat dari makanan yang biji-bijian yang diproses bersama kulit arinya (whole-grain) dapat menyediakan tidak hanya karbohidrat tapi juga serat sehingga mampu membuat kenyang lebih lama. Selain itu whole-grain juga mengandung antioksidan yang dapat mencegah penyakit jantung koroner, cancer dan diabetes. 

Karbohidrat yang sehat meliputi whole-grain, buncis, buah-buahan, dan sayuran. Mereka dicerna sangat lambat oleh sistem pencernaan, sehingga membantu membuat kita kenyang lebih lama, menjaga kestabilan kadar gula darah dan insulin. Karbohidrat yang tidak sehat adalah makanan seperti tepung putih, gula dan beras putih. Mereka cenderung dicerna cepat dan membuat kadar gula darah naik dan turun dengan cepat.

7. Jangan Lupakan Protein Dalam Diet Anda
Selain sebagai sumber energi, protein yang terdari berbagai macam asam amino adalah nutrisi yang dibutuhkan untuk membangun tubuh kita. Protein sangat penting untuk menjaga sel-sel, jaringan-jaringan, dan organ-oragn tubuh kita. Kunci untuk mendapatkan protein yang berkualitas tinggi adalah dengan mengkonsumsi berbagai macam sumber protein. Daging merah dan produk olahan susu menganduk lemat yang tak sehat, karena itu konsumsilah juga ikan, buncis, kacang2an, tahu, ayam (tanpa kulit) dan produk olahan dari kedelai dapat mengimbangi.

8. Tambahkan Kalsium Untuk Tulang Yang Kuat
Kalsium adalah nutrisi kunci yang dibutuhkan tubuh untuk tetap kuat dan sehat. Membangun dan menjaga tulang agar kuat sangat penting untuk pria maupun wanita. Mengkonsumsi vitamin D, K dan magnesium akan membantu kalsium menjalankan fungsinya dalam tubuh. Susu dan produk olahannya dapat menyediakan sumber kalsium yang mudah diserap tubuh. Sayuran hijau, kedelai dan buncis juga merupakan sumber kalsium yang dapat dipertimbangkan. Bila anda tidak toleran dengan susu hewani anda dapat menggantinya dengan susu kedelai, karna kandungan proteinnya tidak kalah. 

9. Batasi Gula Dan Garam
Gula membuat energi tubuh anda naik dan turun dengan cepat. Gula juga dapat menyebabkan masalah kesehatan dan berat badan. Makanlah buah-buahan dan selai kacang alami untuk memuaskan keinginan untuk mengkonsumsi makanan manis. Hindari produk-produk yang mengandung gula, karena produk tersebut dapat mengandung gula lebih dari yang anda butuhkan. 
Kebanyakan orang mengkonsumsi terlalu banyak garam dalam diet kita sehari-hari. Mengkonsumsi terlalu banyak garam dapat menyebabkan tekanan darah tinggi dan berbagai macam permasalahan kesehatan lainnya. Kurangi konsumsi garam anda menjadi 1500-2300 mg sehari. Ukuran tersebut sama dengan satu sendok the garam. Baca  : Tips Diet Tanpa Garam Ala Mayo

10. Perbanyak Serat
Mengkonsumsi banyak serat dapat membuat tubuh tetap segar, mengurangi resiko penyakit jantung, stroke, dan diabetes, dan membantu anda mengurangi berat badan. Kebanyakan ahli menyarankan 21-38 gram serat perhari. Namun kebanyakan orang bahkan mengkonsumsi tidak sampai setengahnya. 

Serat tinggal di dalam sistem pencernaan kita lebih lama daripada semua jenis makanan, karena itu serat menimbulkan perasaan kenyang lebih lama yang menyebabkan kita mengkonsumsi makanan lebih sedikit. Mengkonsumsi serat dalam jumlah yang banyak dapat menyerap lemak dalam sistem pencernaan kita dalam waktu yang cukup cepat sehingga jumlah lemak yang diserap tubuh kita berkurang. Dengan mengkonsumsi makan yang tinggi serat kita juga akan penuh dengan energi untuk berolah-raga.
Itulah tadi serangkaian tip-tip diet yang sehat, selamat mencoba .


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top