Cara Jitu Atasi Sariawan dengan Obat Rumahan

Cara Jitu Atasi Sariawan dengan Obat Rumahan

loading...
Meski bukan penyakit berbahaya yang tak bisa disembuhkan, sariawan tentu menjadi hal menjengkelkan tersendiri bagi tiap orang. Sering disebut dengan nama Stomatitis, sariawan merupakan pembengkakan atau peradangan yang timbul di daerah sekitar mulut dan lidah.

Obat herbal sariawan untuk menyembuhkannya secara tradisional biasanya lebih dilirik karena alami dan mudah didapat bahannya. Fakta lainnya seputar sariawan, ternyata tidak hanya terjadi karena kekurangan vitamin C. Sariawan bisa terjadi karena gigitan tak sengaja pada mulut yang cukup melukai gusi, terlalu banyak makan makanan pedas, penggunaan pasta gigi yang tidak cocok hingga tanda bahwa ada kelainan dalam sistem pencernaan. Baca Juga : 7 Cara Ampuh Memerahkan Bibir Alami

Obat herbal sariawan

Untuk mengobati sariawan biasanya sudah banyak beredar obat yang banyak mengandung vitamin C atau kandungan lain untuk menyembuhkannya. Namun beberapa bahan alami maupun bahan rumahan juga bisa dicoba untuk mengobati sariawan. Apa saja bahan-bahan tersebut? Berikut ulasannya.

Menempelkan vitamin C dan vitamin B2
Pada dasarnya, sariawan memang biasa terjadi karena kekurangan vitamin C. Untuk mengobatinya, mudah saja caranya. Cukup tempelkan vitamin C tepat pada bagian ulkus atau luka sariawan. Efek sakit dan perih tentu akan terasa, namun luka biasanya langsung sembuh dengan cara tersebut. Bila sariawan ternyata cukup parah, maka tambahkan dengan vitamin B2.

Pasta pisang dan madu
Jika ada buah pisang dan sedikit madu di rumah, tak ada salahnya untuk mencoba keduanya sebagai obat sariawan yang ampuh. haluskan buah pisang dengan sendok atau langsung saja diblender, lalu tambahkan madu secukupnya. Oleskan pasta tersebut pada bagian mulut yang terluka.

Mengkonsumsi yoghurt
Meminum yoghurt mungkin tidak langsung menyembuhkan sariawan begitu saja, namun dengan mengkonsumsi yoghut dapat menjaga keseimbangan bakteri yang ada di mulut juga di tubuh. Dengan begitu, proses penyembuhan luka ulkus bisa lebih cepat, sehingga sariawan bisa segera reda. Yoghurt juga bisa mencegah sariawan datang lagi.

Menempelkan bawang putih
Cara lain yang lebih praktis untuk mengobati luka sariawan adalah dengan menggunakan bawang putih. Bawang putih yang sudah dikupas dan dipotong, dapat menjadi obat herbal sariawan yang bisa langsung ditempelkan di ulkus. Baca Juga : Manfaat Daun Bawang Untuk Kesehatan

Mengunyah daun jambu biji
Tidak hanya untuk urusan sakit perut, daun jambu biji juga bisa mengobati sariawan secara alami. Caranya adalah dengan mengunyah langsung beberapa lembar daun jambu biji. Jangan lupa, daun yang hendak dikunyah sebagiknya dibersihkan terlebih dahulu. Setelah selesai mengunyah jangan lupa pula untuk berkumur.
Obat herbal sariawan

Mengoleskan minyak kelapa
Sifat anti-bakteri pada minyak kelapa inilah yang dapat mengatasi sariawan. Dengan dicampur madu, minyak kelapa dapat dioleskan pada mulut yang terkena sariawan. Agar hasilnya lebih maksimal, minyak kelapa yang dicampur dengan madu bisa dioleskan tiga kali sehari untuk penyembuhan.

Mengkonsumsi tomat
Sariawan biasa terjadi karena kekurangan vitamin C, maka mengkonsumsi tomat cukup dianjurkan agar sariawan bisa sembuh secara alami dari dalam. Selain tomat, konsumsi pula makanan sehat yang mengandung vitamin C lainnya.

Pasta garam dan baking soda
Jika masih ada baking soda di rumah, Anda bisa menambahkan garam dan sedikit tambahan air sebagai obat yang bisa mengatasi sariawan secara alami. Pasta garam dan baking soda yang sudah jadi, lalu dioleskan pada bagian ulkus. Setelah itu, biarkan saja selama 10 menit lalu. Bila sudah, jangan lupa dibilas. Itu tadi cara jitu mengobati sariawan dengan obat herbal sariawan rumahan. Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top