Temulawak Sebagai Obat Herbal Liver yang Ampuh

Temulawak Sebagai Obat Herbal Liver yang Ampuh

Temulawak Sebagai Obat Herbal Liver yang Ampuh - Sebagai salah satu organ penting dalam tubuh kita, liver termasuk organ yang harus dijaga kesehatannya. Penyakit liver merupakan penyakit yang cukup serius berupa gangguan pada organ hati sehingga fungsinya terganggu. Penyakit liver hepatitis A umumnya dengan istirahat yang cukup bisa sembuh dengan sendirinya. Namun, penyakit liver hepatitis B dan C memerlukan pengobatan lebih lanjut agar bisa sembuh. Gejala penyakit liver umumnya yaitu perubahan warna kulit yang menjadi kuning, berat badan yang menurun secara drastis, mual pada perut, hilangnya selera makan dan lelah yang mengakibatkan kurangnya gairah, serta masih banyak lagi gejala lainnya.
Baca Juga : Manfaat Temulawak Yang Belum Orang Ketahui

Obat herbal liver merupakan solusi penyembuhan secara alami dan aman melalui tanaman obat berupa temulawak. Dalam mengobati penyakit liver, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan termasuk menghindari makanan berlemak dan makanan yang dibakar. Buah-buahan yang perlu dihindari oleh penderita penyakit liver juga seperti buah nanas, durian, nangka serta belimbing sayur.

Obat herbal liver
Obat herbal liver 

Tanaman temulawak sebagai obat ampuh
Temulawak atau yang disebut dengan istilah Curcuma Xanthoriza merupakan salah satu tanaman suku temu-temuan yang bermanfaat sebagai obat penyakit liver. Komposisi kimia dalam temulawak merupakan protein pati 29 sampai 30 persen, kurkumin sebanyak 1 sampai 2 persen dan minyak atsiri sebanyak 6 sampai 10 persen. Oleh karena itu, temulawak memiliki banyak khasiat untuk menumpas penyakit termasuk penyakit liver.

Kandungan dan khasiat temulawak
Ekstrak temulawak mampu melindungi kesehatan liver, memperkuat sel-sel liver serta meningkatkan daya tahan tubuh. Curcumin yang terkandung dalam rimpang temulawak berkhasiat sebagai anti-inflamasi atau anti peradangan dan anti hepatotoksik yang bermanfaat melindungi kesehatan hati dari radang hati.

Selain itu, temulawak memiliki kandungan minyak atsiri yang dapat menumbuhkan selera makan, memperlancar ASI bagi ibu menyusui serta membersihkan perut. Bahkan menurut penelitian dari seorang guru besar UNPAD, ekstrak temulawak sangat dianjurkan untuk mengobati penyakit hati. Tidak hanya bagi penyakkit hati, temulawak juga bermanfaat menurunkan kadar kolesterol dalam darah dan sel hati berkat kandungan kurkumin dalam temulawak.

Cara membuat ramuan temulawak
Di sisi lain, temulawak yang dianjurkan untuk digunakan adalah yang berwarna kuning.  Dibandingkan yang berwarna putih, temulawak kuning lebih banyak khasiatnya. Lalu bagaimana cara membuat ramuan dari temulawak untuk bisa dikonsumsi sebagai obat herbal liver? Berikut ini bahan-bahan dan cara pembuatannya.
Baca Juga : 7 Cara Mengobati Wasir Paling Efektif dan Alami

Bahan:
¼ kg temulawak kuning
3 lembar daun sirsak yang dikeringkan dengan dijemur
Gula merah secukupnya
Air putih sebanyak 4 gelas

Cara membuat:
Temulawak diiris tipis, lalu dikeringkan
Temulawak dan daun sirsak direbus dengan air sampai mendidih dan menjadi 3 gelas
Setelah mendidih, ramuan tersebut disaring dan ditambah dengan gula merah secukupnya.

Obat herbal liver

Ramuan tersebut dapat diminum untuk beberapa hari sebagai pengobatan, yakni 3 kali sehari sebanyak 1 gelas. Sembari melakukan pengobatan dengan obat herbal liver ampuh dengan temulawak ini, lakukan aktivitas berupa menjemur badan setiap pagi sebelum jam 9 selama 30 menit. Hal ini akan membantu penyembuhan penyakit liver. Namun jangan melakukan olahraga berat karena dapat memperlemah organ hati.

Selain temulawak, penyakit liver juga dapat diterapi dengan tanaman obat lainnya seperti daun sambiloto, pegagan dan kunyit. Demikian ulasan mengenai temulawak sebagai obat herbal liver yang ampuh. Semoga bermanfaat.


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top