Langkah Ringan Menahan Nafsu Makan saat Diet

Langkah Ringan Menahan Nafsu Makan saat Diet

Nafsu makan yang nggak bisa dikontrol sering menyebabkan timbunan lemak di tubuh. tanpa harus minum obat penekan nafsu makan, sebenarnya bisa kamu kontrol dengan langkah ringan sederhana untuk membantu dietmu lebih maksimal. Baca Juga : 6 Manfaat Air Putih Hangat Untuk Diet

Tips diet ringan menahan nafsu makan berikut ini bisa kamu terapkan untuk memaksimalkan program dietmu.

Tips diet ringan

Perbanyak air putih
Air putih yang kadang nggak berasa bila dibandingkan minuman lainnya, justru punya banyak manfaat bagi kecantikan maupun kesehatan tubuh. Apalagi, air putih nggak mengandung kalori. Jadi nggak perlu khawatir tubuhmu gemuk karena banyak minum air putih. Faktanya, ada kok yang nggak bisa membedakan antara lapar dan dehidrasi. Kadang karena stres, tubuh yang sebenarnya haus justru memberikan sinyal lapar sehingga bisa menipu. Oleh karena itu, kalau haus atau perut keroncongan cobalah minum air putih saja. Bila perlu bawa botol air minum setiap kemanapun. Namun tentu, air putih juga harus diimbangi dengan makanan sehat berserat seperti sayur dan buah. Air putih hanya untuk mengatasi rasa laparmu di jam yang bukan saatnya makan.

Usahakan nggak telat makan
Biasakan diri untuk nggak makan terlambat, alias makanlah secara teratur dalam porsi kecil. Sarapan pada saatnya, makan siang pada saatnya dan makan malam sebelum jam 8. Sebab, makan malam setelah jam 8 bisa membuat tumpukan lemak di perut, serta membuat proses metabolisme tubuh menurun. Hal ini bisa berakibat fatal untuk dietmu. Apalagi, makan telat juga bisa mengganggu sistem pencernaan. Dengan makan tepat waktu alias nggak terlambat, kamu bisa mengatur kontrol makanmu dengan baik dan mencegahnya makan berlebih.

Cari alternatif
Emosi yang meluap-luap tak menentu biasanya membuatmu ingin makan sesuatu, seperti makanan manis dan makanan mengandung lemak. Hal ini tentunya nggak bisa kamu biarkan begitu saja, karena makanan tersebut akan membuat tubuhmu gendut. Saat bukan jam makan, lebih baik alihkan perhatianmu dengan hal lain yang positif sebagai tips diet ringan, seperti berinteraksi antai dengan orang di sekitarmu atau melakukan sesuatu yang lain. Beres-beres rumah misalnya, justru akan membantu membakar kalori. Baca Juga : Diet Extrim Yang Sebaiknya Dihindari

Lakukan olahraga santai
Jangan melulu berpikir bahwa makanan adalah solusi terbaikmu saat stres. Buang pikiran itu jauh-jauh jika kamu ingin tubuhmu kurus. Lampiaskan emosimu yang meluap tak menentu dengan cara yang lebih sehat, yaitu olahraga. Olahraga yang ringan dan santai seperti jogging atau bersepeda bisa membantu tubuhmu agar lebih kuat.

Tips diet ringan

Mengkombinasi makanan
Perhatikan makananmu. Makanan yang kamu konsumsi alangkah lebih baik berupa makanan-makanan yang bisa menekan nafsu makan. Mengkombinasikan makanan akan memberikan energi yang menambah kekuatan serta memberikan rasa kenyang yang bisa membuatmu betah tanpa banyak makan.

Makan perlahan dengan porsi kecil
Pernah kepikiran nggak kalau makan perlahan bisa menekan nafsu makan? Apalagi kalau porsinya kecil, niscaya nafsu makanmu bisa terkontrol dengan baik. Makan dengan menggunakan porsi yang kecil bisa membantu menahan nafsu makan berlebih. Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan mangkuk kecil untuk makan. Yang kecil saja, biar kamu merasa kalau makananmu sudah cukup penuh sehingga kamu sedikit enggan untuk nambah. Makan perlahan juga bisa membuatmu kenyang lebih lama, sehingga kamu nggak gampang kelaparan. Itu tadi tips diet ringan yang bisa membantumu menahan nafsu makan. Semoga dietmu berhasil, selamat mencoba!


loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top