Tanaman Obat Herbal Diabetes Mellitus Ampuh

Tanaman Obat Herbal Diabetes Mellitus Ampuh

loading...
Baru-baru ini telah diakui kemanjuran obat herbal diabetes melitus sebagai solusi ampuh pengelola kadar gula darah penderita diabetes. Diabetes melitus adalah penyakit karena tingginya kadar gula dalam darah yang melewati batas normal yang mengakibatkan terganggunya sistem metabolisme dalam tubuh. Gangguan sistem metabolisme akan menghambat fungsi pankreas dalam memproduksi hormon insulin, sehingga mempengaruhi keseimbangan kadar gula darah dan terganggunya penyerapan glukosa oleh sel dalam tubuh. Baca : Manfaat Buah Bit Bagi Kesehatan

Obat Herbal Diabetes Mellitus


Diabetes melitus disebabkan oleh beberapa faktor, yaitu kekurangan insulin, menurunnya sensitifitas insulin, kekebalan insulin saat hamil serta dipengaruhi kerusakan bagian tubuh lainnya. Ada beberapa tipe diabetes melitus yakni tipe 1, tipe 2, diabetes gestasional dan tipe lainnya. Tipe 1 disebabkan karena kekurangan insulin yang diakibatkan oleh rusaknya sel beta penghasil insulin di pankreas akibat reaksi autoimun. Sedangkan diabetes melitus tipe 2 disebabkan karena menurunnya sensitifitas insulin. Diabetes Gestasional atau diabetes dalam kehamilan, disebabkan karena adanya kekebalan insulin akibat hormon yang tidak seimbang pada ibu hamil. Diabetes tipe lainnya disebabkan oleh kerusakan genetik pada organ lain, seperti endokrinopati, pankreas, juga pengaruh obat-obatan dan lainnya seperti luka yang luka yang akhirnya infeksi.

Berikut ini beberapa referensi mengenai obat herbal diabetes melitus yang telah diuji keampuhannya.

1. Brotowali
Brotowali biasanya ditemukan dalam jamu tradional yang rasanya pahit. Senyawa aktif tinokrisposid didalamnya ternyata berkhasiat mempercepat keluarnya glukosa melalui peningkatan metabolisme atau disimpan langsung sebagai lemak sehingga membantu menurunkan kadar gula dalam darah. Batang atau akar brotowali biasanya diseduh untuk diminum. Brotowali tidak beracun sehingga aman dikonsumsi.

Obat Herbal Diabetes Mellitus

2. Pare
Pare merupakan salah satu sayuran yang juga memiliki rasa pahit. Pare mengandung charantin. Senyawa tersebut meningkatakan regenerasi sel, merangsang sekresi insulin pada pankreas serta merangsang penyimpanan glikogen di liver, sehingga dapat menjadi obat herbal diabetes melitus tipe II. Pare dapat dikonsumsi seperti jamu pada umumnya, yaitu dengan diperas lalu diambil sarinya. Hindari mengkonsumsi pare secara berlebihan karena dapat mengakibatkan sakit perut dan diare. Sebaiknya konsumsi pare dalam porsi sedikit namun teratur. Namun bagi penderita diabetes yang mengkonsumsi obat hipoglikemik atau insulin harap berhati-hati dalam mengkonsumsi pare karena dapat memperkuat efektivitas obat dan berdampak hipoglikemia berat.

3. Bawang merah
Bawang merah yang biasa dijumpai dalam penyedap sayur ternyata memiliki khasiat untuk mengobati diabetes. Sejak tahun 1923 ditemukan depressor gula darah dalam bawang merah, kemudian sekitar tahun 1960 ditemukan senyawa antidiabetes pada bawang merah. Bawang merah mempengaruhi metabolisme gula dalam hati atau mencegah kerusakan insulin. Semakin banyak mengkonsumsi bawang merah, maka semakin menurun gula darah dalam tubuh. Baca : Sehat dengan bawang putih

4. Kayu manis
Sejak dulu hingga kini, kayu manis atau Cinnamon adalah salah satu tumbuhan yang digunakan untuk mengobati diabetes. Kayu manis yang digunakan biasanya diambil dari bagian dalam kulit pohon kayu manis yang banyak tumbuh di daratan China maupun India. Jenis yang dipakai adalah Cinnamomun Cassia. Tetap berkonsultasi pada dokter saat mengkonsumsi kayu manis.
Selain beberapa tanaman tersebut, obat herbal diabetes melitus lainnya yaitu daun tapak dara, , mahkota dewa, ciplukan, daun sambiloto, akar alang-alang dan sebagainya.

Incoming Search Terms 


loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top