Makanan Penting Bagi Kesehatan Wanita Melahirkan

Makanan Penting Bagi Kesehatan Wanita Melahirkan

Makanan Penting bagi Kesehatan Wanita Melahirkan -  Kesehatan wanita melahirkan setelah buah hatinya lahir perlu didukung dengan makanan bernutrisi yang tepat dan bermanfaat. Dengan demikian, pemulihan bagi sang ibu akan lebih cepat oleh terpenuhinya kebutuhan energi serta vitamin.
Apalagi, setelah melahirkan ibu akan mulai menyusui dan perlu mendapat asupan makanan yang baik dan bergizi untuk menunjang kualitas ASI. Berikut ini makanan apa saja yang baik untuk dikonsumsi ibu setelah melahirkan. Baca juga: Menjaga Kesehatan Wanita Menyusui


Kesehatan Wanita Melahirkan

Buah kurma
Buah manis yang identik dengan timur tengah ini memiliki manfaat yang baik bagi kesehatan wanita setelah melahirkan yang efektif sebagai nutrisi makanan bergizi penambah energi setelah melahirkan. Mengkonsumsi beberapa butir kurma dapat menambah energi bagi ibu dan membantu pemulihan lebih cepat. Maka tak jarang bila kurma menjadi santapan yang cocok bagi pemulihan pasca melahirkan. 

Susu rendah lemak
Susu memberikan protein yang cukup baik dengan kandungan vitamin B serta vitamin D-nya. Sebagai sumber kalsium terbaik, susu juga penting dalam memenuhi kebutuhan energi serta nutrisi yang baik dalam pembentukan tulang sang buah hati. Produk susu lainnya juga dapat dikonsumsi seperti keju dan yoghurt. Susu juga engandung asam folat yang sangat baik bagi ibu dan buah hati.

Serat
Makanan berserat biasanya terdapat pada sayuran, terlebih sayuran hijau cukup dianjurkan karena bermanfaat bagi ibu melahirkan. Sayuran hijau seperti brokoli, bayam serta kangkung juga kaya akan vitamin A dan mengandung zat besi yang baik untuk kesehatan ibu melahirkan. Bayam mengandung nutrisi penting berupa asam folat yang berperan dalam pembentukan sel darah merah, hal ini penting karena biasanya ibu melahirkan kehilangan banyak darah. Tidak hanya itu, sayuran hijau juga mengandung zat penting lainnya yang dibutuhkan oleh tubuh.

Ikan
Ikan yang kaya akan omega-3 amat penting dan cukup dianjurkan bagi kesehatan wanita pasca melahirkan. Salah satu ikan yang banyak manfaatnya adalah ikan salmon. Selain dapat menjaga kesehatan kulit, ikan salmon juga mengandung DHA yang penting untuk perkembangan sistem syaraf buah hati. Selain itu, ikan salmon juga mampu membuat mood lebih baik sehingga mengurangi resiko terkena baby blues.

Kacang-kacangan
Beberapa makanan berupa kacang-kacangan terutama kacang hitam dan kacang merah adalah makanan yang baik bagi kesehatan ibu melahirkan. Saat menyusui, kacang adalah makanan yang bermanfaat sebagai asupan nutrisi yang baik serta menjaga kesehatan kulit. Zat besi dan protein yang terkandung dalam kacang-kacangan adalah nutrisi yang baik bagi ibu melahirkan. 

Telur
Telur merupakan sumber protein yang baik untuk dikonsumsi ibu pasca melahirkan. Kandungan asam folatnya juga bermanfaat bagi pertumbuhan buah hati. Terlebih, kuning telur merupakan salah satu sumber alami vitamin D yang mampu menjaga tulang tetap kuat.

Roti gandum
Gandum merupakan sumber asam folat yang sangat baik. Asam folat sangat dibutuhkan dalam perkembangan buah hati, terlebih saat masa menyusui, mengkonsumsi roti gandum tidak hanya mengandung asam folat yang baik namun juga kaya serat dan zat besi.

Air yang cukup
Asupan yang satu ini tidak kalah penting. Kekurangan cairan atau dehidrasi akan menurunkan energi, sehingga dampaknya kurang baik bagi ibu melahirkan. Air yang baik tentunya air putih yang diminum cukup, namun cairan lainnya berupa jus dan susu juga tak kalah baiknya. Sebaliknya kurangi minuman seperti teh atau kopi.


Kesehatan Wanita Melahirkan

Semoga artikel mengenai makanan penting untuk kesehatan wanita melahirkan kali ini bermanfaat, untuk membaca ulasan yang terkait dengan Makanan Penting Bagi Kesehatan Wanita Melahirkan anda bisa mengikuti artikel - artikel baru lainnya terima kasih.

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top