7 Langkah Perawatan Kulit Kepala Secara Alami

7 Langkah Perawatan Kulit Kepala Secara Alami

loading...
Kesehatan kulit kepala perlu diperhatikan agar rambut tetap sehat dan indah. Sebab, permasalahan rambut seperti ketombe, rambut rontok dan permasalahan rambut lainnya disebabkan oleh kulit kepala yang tidak sehat. Karena kulit kepala adalah pangkal rambut, maka tidak salah jika merawat rambut juga harus tetap diperhatikan untuk merawat kulit kepala. Rambut yang indah dan sehat juga berawal dari kulit kepala yang bersih dan terawat.
Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan perawatan alami kulit kepada yang dapat diterapkan sehari-hari. (Baca juga: Khasiat Madu untuk Kesehatan Kulit Kepala dan 7 Cara Alami Mengatasi Rasa Gatal Pada Kulit Kepala)

Perawatan Kulit Kepala

Perawatan kulit kepala dapat dilakukan dengan beberapa langkah untuk merawatnya agar tetap sehat secara alami, diantaranya:

1. Keramas
Keramas menjadi satu hal yang tidak boleh terlewat untuk mencuci rambut agar selalu terjaga kebersihannya. Khusus kulit kepala kering, lakukan pencucian rambut atau keramas sebanyak 2 hingga 3 kali dalam seminggu. Bagi kulit kepala berminyak, alangkah lebih baik jika keramas dilakukan setiap hari agar kulit kepala terhindar dari masalah ketombe. Selain membersihkan kulit kepala, keramas juga dapat membantu mengurangi penyumbatan pori-pori pada kulit kepala.

2. Pakai produk perawatan rambut yang tepat
Pastikan produk perawatan rambut yang Anda gunakan telah cocok dan tepat, sehingga mampu membantu masalah kulit kepala. Cara pemakaian produkpun tetap harus diperhatikan agar tidak merusak rambut. Gunakan produk perawatan rambut yang mengandung bahan-bahan alami atau herbal yang baik untuk rambut dan kulit,

3. Merawat kulit ruam
Apabila terdapat kemerahan di kulit kepala Anda, itu adalah ruam. Kulit ruam atau kemerahan yang terjadi di kulit kepala adalah salah satu penyebab rambut rontok. Sebagai perawatan kulit kepala ruam tersebut, pakailah shampoo dengan kandungan zinc yang bisa mengobati ruam di kulit kepala. Apabila masalah masih berlanjut, segera periksakan ke dokter untuk mengobati ruam di kepala Anda.

4. Sering menyisir rambut
Benarkah terlalu sering menyisir rambut membuatnya mudah rontok? Menurut penelitian beberapa ahli, sering atau rajin menyisir rambut ternyata mendorong pertumbuhan rambut lebih cepat. Selain itu, sering menyisir rambut juga melancarkan peredaran darah di kepala. Jadi, tidak perlu takut sering-sering menyisir rambut akan membuatnya rontok. Sisir yang digunakan juga perlu diperhatikan, yakni bagi rambut keriting atau ikal untuk menggunakan sisir dengan gigi yang lebar. Dan bagi rambut yang lurus agar menggunakan sisir yang bergigi halus.

5. Pemakaian kondisioner
Rambut yang kering dan khusus bagi rambut ikal atau keriting memang perlu menggunakan kondisioner setelah keramas. Selain untuk menghaluskan, kondisioner juga memudahkan rambut untuk disisir tanpa membuatnya rontok. Namun perlu diperhatikan, bagi rambut yang lurus sebaiknya penggunaan kondisioner tidak berlebihan karena rambut akan terlihat lepek.

6. Minyak zaitun untuk rambut kering
Rambut yang kering karena sering terkena paparan sinar matahari, beraktivitas di luar ruangan maupun dalam ruangan ber-AC dapat diatasi dengan minyak zaitun. Selain minyak zaitun asli, Anda juga dapat menggunakan produk perawatan rambut seperti shampoo atau kondisioner yang mengandung minyak zaitun. Kandungan nutrisi dalam minyak zaitun baik bagi rambut serta kulit kepala, dan dapat merawatnya agar tetap indah berkilau.

7. Minyak kelapa untuk menghindari ketombe
Untuk menghindari ketombe yang kerap menjadi masalah di kulit kepala, Anda dapat menggunakan minyak kelapa dengan mengoleskannya pada kulit kepala. Pijat dengan lembut kepala Anda dengan minyak tersebut selama 10 hingga 15 menit setiap harinya.

Perawatan Kulit Kepala

Nah, itu tadi 7 langkah perawatan kulit kepala secara alami. Semoga bermanfaat.

Incoming search terms:
Cara Melembutkan Rambut Kasar dan Kaku
Penyebab Rambut Rontok dan Cara Mengatasinya
Tips Dan Cara Perawatan Rambut Berkualitas Di salon Maupun Di Rumah

loading...


Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Back To Top