Cara Perawatan Kulit Pria yang Efektif

Cara Perawatan Kulit Pria yang Efektif


Perawatan kulit pria juga perlu dilakukan, mengingat bahwa kulit adalah bagian tubuh terluar yang berfungsi melindungi tubuh dan rentan terhadap permasalahan. Tidak hanya untuk kecantikan, kulit juga perlu dijaga agar tetap sehat. Sebab kulit manusia sama-sama rentan dan perlu dijaga, kulit pria juga tak boleh luput dari perhatian. Kulit pria cenderung lebih tebal dan kasar dari kulit wanita, sehingga perawatannyapun berbeda. (Baca juga: Tips Anti-Aging untuk Perawatan kulit pria dan 6 Perawatan Kulit dan Wajah untuk Pria)


perawatan kulit pria


Mengatasi jerawat
Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang paling banyak dialami. Pria kerap mengalami jerawat karena berbagai faktor, yakni faktor psikologis atau stress, udara yang lembab, keringat berlebih serta penggunaan steroid yang berlebihan. Berikut ini langkah-langkah mencegah dan mengatasi jerawat.

  1. Bila jerawat sudah terlanjur muncul, gunakan sabun pencuci muka yang mengandung benzoyl-peroxide dengan kadar 5%.
  2. Tidak perlu sering mencuci muka karena akan menimbulkan jerawat yang lebih banyak.
  3. Cukup mencuci muka 2 kali sehari sebelum beraktivitas dan sebelum tidur.

Perhatikan saat mencukur bulu wajah
Mencukur bulu wajah juga perlu diperhatikan, karena kulit pria juga rentan dengan penuaan dini yang disebabkan oleh kebiasaan mencukur wajah.

  1. Saat mencukur, perhatikan untuk mengganti pisau cukur Anda secara berkala dan pastikan untuk menggunakan krim cukur. Krim cukur yang dioleskan dapat menenangkan kulit sensitif dan mencegah adanya peradangan.
  2. Sebelum bercukur, bersihkan kulit wajah terlebih dahulu dengan air hangat sehingga lapisan kulit wajah menjadi lebih lembut.
  3. Cukur bulu pada wajah Anda sesuai arah pertumbuhan rambut, dan bilas wajah dengan air dingin setelah mencukur.
  4. Setelah proses mencukur selesai, gunakan lotion non-astringent agar kulit wajah tetap mulus sehingga tidak kasar.

Kurangi dehidrasi
Kulit pria lebih banyak berkeringat, sehingga cairan tubuh mudah hilang dan menyebabkan kulit dehidrasi. Kulit yang dehidrasi akan menjadi kering, kusam, berkerut dan mudah rusak. Oleh karena itu, perawatan kulit pria juga dilakukan dengan memenuhi asupan tubuh agar tetap terhidrasi.

  1. Meminum 8 gelas air putih setiap hari
  2. Mengkonsumsi makanan sehat yang mengandung vitamin A dan E
  3. Hindari rokok yang dapat menyebabkan cepatnya penuaan, sebab nikotin dalam rokok akan menyumbat pembuluh darah sehingga terjadi gangguan sirkulasi darah. Hal ini akan mengurangi penyaluran nutrisi ke kulit sehingga menyebabkan kerusakan dan penuaan dini.

Atasi kulit terbakar
Terlalu sering beraktivitas di luar ruangan dan dibawah terik matahari tak jarang membuat kulit menjadi perih, memerah dan terbakar. Kadang efek yang ditimbulkan adalah rasa sakit dan kemerahan saat tersengat matahari, apalagi bila kulit Anda tidak terlalu gelap. Berikut ini cara mencegah kulit terbakar:

  1. Oleskan tabir surya sebelum beraktivitas.
  2. Pakai topi dan kacamata hitam untuk melindungi kulit dari sinar yang terik. 
  3. Bila sudah terlanjur tersengat matahari, pakai air dingin (bukan es) yang dikompres ke bagian kulit yang sakit, atau berendam jika sakitnya di seluruh tubuh
  4. Untuk menghilangkan kemerahan, pakai baking soda dengan mencampurnya pada air, lalu celupkan tissu dan oles pada kulit.

Memakai masker
Jangan salah, masker tidak hanya digunakan oleh wanita. Masker bagi pria bermanfaat untuk dapat memperbaiki dan mengencangkan kulit wajah, sehingga melancarkan sirkulasi darah dan merangsang proses pertumbuhan sel kulit. Pakai masker dari bahan alami seperti oatmeal, ampas teh, irisan mentimun dan juga campuran madu yang dibasahi terlebih dahulu agar bisa menempel di kulit. Gosokkan salah satu bahan tersebut secara perlahan pada kulit wajah.

perawatan kulit pria


Itu tadi cara perawatan kulit pria, semoga bermanfaat.

Incoming search terms:

loading...


Contact Us

Name

Email *

Message *

Back To Top